Dapatkan kumpulan aneka resep cara membuat puding terbaru disini. Cara membuat puding sederhana, enak, dan praktis untuk sajian sehari-hari keluarga sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Resep Puding Karamel Sederhana

Resep Puding Karamel Sederhana - Jumpa lagi di resep puding terbaru yang sederhana dan praktis. Kali ini akan menampilkan bagaimana cara membuat puding karamel enak dan sederhana serta beberapa tips tentang membuat puding karamel yang tidak lengket dalam cetakan. Persipakan bahan bahan dan perlengkapan untuk membuat puding karamel dan ikuti resep selengkapnya dibawah ini.

Resep Puding Karamel Sederhana

Bahan Puding Karamel

  • 500 ml susu cair
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sendok teh gelatin bubuk, larutkan dalam 150 ml air
  • 1 sendok teh agar-agar bubuk warna putih
  • 2 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 1 sendok makan ekstrak vanili

Bahan Karamel

  • 75 ml air
  • 75 gram gula pasir

Cara Membuat Puding Karamel

  1. Siapkan wadah tahan panas/ramekin dengan volume 200 ml. Bilas, sisihkan,
  2. Karamel: Panaskan air, masukkan gula pasir, aduk di atas api kecil sekali hingga menjadi karamel (cara basah). Angkat, tuang segera ke tiap wadah. Sisihkan.
  3. Rebus susu bersama gula di atas api kecil hingga larut. Masukkan larutan gelatin dan agar-agar, aduk cepat hingga mengental. Kecilkan api, sisihkan.
  4. Masukkan sedikit (1 sendok sayur) adonan susu ke dalam kuning telur, aduk cepat hingga rata. Masukkan kembali ke dalam adonan susu, aduk rata. Angkat.
  5. Tuang adonan ke tiap cetakan, biarkan hingga uapnya hilang. Simpan di dalam lemari es hingga padat. Makin lama disimpan, karamel akan makin melekat danmenyatu dengan indah di permukaan puding.

Agar puding karamel tidak lengket dicetakan, sebelum adonan dituang, basahi cetakan dengan air terlebih dahulu. Bisa dengan cara lain, dengan merendam bagian bawah wadah berisi puding karamel dalam air mendidih. Jika sudah terasa hangat, kikis pinggiran puding karamel dengan bantuan pisau.

Resep Puding Karamel Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ku tembak

0 comments:

Post a Comment