Dapatkan kumpulan aneka resep cara membuat puding terbaru disini. Cara membuat puding sederhana, enak, dan praktis untuk sajian sehari-hari keluarga sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Resep Cara Membuat Puding Karamel (Kukus)

Resep Puding Karamel Kukus sangat digemari banyak orang. Selain rasanya yang enak dan lezat, puding ini bergizi dan mudah dibuat. Salah satu puding sederhana yang paling disukai adalah puding karamel dengan campuran susu yang tidak terlalu manis. Dijamin olahan puding karamel yang satu ini akan bikin kamu ketagihan dan menjadikannya sebagai hidangan penutup istimewa.

Cara membuat puding karamel kukus ini sangat mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan. Jika bunda mau membuat puding karamel kukus untuk hidangan penutup keluarga, melalui artikel resep puding kali ini kami akan memberikan tahap-tahap lengkap cara pembuatannya. Yuk, langsung saja dibawah ini adalah daftar bahan serta cara membuat puding karamel kukus enak dan lezat.

Resep Puding Karamel Kukus


Bahan Puding

  • 9 btr telur (dikocok lepas)
  • 1 kaleng susu evaporated
  • 1 kaleng air (ukuran kaleng susu evaporated)
  • 8 sdm gula pasir 
  • 3 sdt tepung custard
  • 1 sdm mocca pasta

Bahan Karamel

  • 1 gelas gula pasir
  • 1 gelas air panas

Cara Membuat Puding Karamel

  1. Puding: Semua bahan diaduk menjadi satu lalu kemudian disaring. Adonan tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Bagian 1 diberi mocca pasta dan 1 bagian lagi dibiarkan berwarna aslinya yaitu putih.
  2. Karamel: Gula pasir dipanaskan didalam wajan hingga mencair, jangan lupa gunakan dengan api yang kecil dan tidak perlu diaduk. Apabila warnanya sudah berubah menjadi karamel, masukkan air panas yang telah disediakan sedikit demi sedikit. Diamkan hingga gula larut dan mulai menggumpal. Aduk, angkat lalu sisihkan.
  3. Cara Penyajian: Didihkan air kukusan terlebih dahulu. Jika air sudah benar-benar mendidih, kecilkan apinya karena kita akan memulai proses pengukusan. Hal itu dilakukan supaya puding yang akan dibuat tidak berpori. Sediakan pirex lalu tuangkan karamel yang sudah dibuat tadi. Selain pirex, kalian juga bisa menggunakan wadah-wadah kecil berupa beberapa cup dalam membuat puding karamel ini. Kemudian tuangkan adonan putih lalu kukus kurang lebih 10 menit. Setelah mulai agak mengeras, barulah masukkan adonan mocca diatasnya, masukkan kembali kedalam kukusan selama kurang lebih 15 menit. Angkat lalu diamkan, masukkan kedalam kulkas dan siap untuk disajikan. Kalian bisa menambah hiasan diatasnya berupa fruit cocktail menurut selera.

Resep Cara Membuat Puding Karamel (Kukus) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment